Dalam pemasangan knalpot mobil kita tidak bisa sembarangan, ada ukuran maksimal diameter pipa knalpot yang dibolehkan. Ukuran maksimal tersebut untuk menjaga keseimbangan antara kecepatan gas buang dengan jumlah gas buang.
Terlalu kecil ukuran diameter berarti kecepatan gas buangnya besar hanya jumlahnya berkurang, sedang jika terlalu besar diameter knalpot, maka kecepatan gas buangnya rendah walaupun jumlah gas buangnya tinggi.
Dari sisi tenaga mobil, peran knalpot sangat vital. Selain melakukan service mesin secara rutin, servis kanlpot pun jangan lupa dilakukan secara berkala tujuannya adalah untuk menjaga agar supaya knalpot selalu dalam kondisi baik. Banyak pemakai mobil yang datang ke bengkel mobil untuk melakukan modifikasi pada header, diameter dan panjang pipa utama serta Kolektor. Karena dengan melakukan modifiaksi pada bagian ini maka torsi dan power bands akan berubah.
Selain itu knalpot mobil juga berfungsi untuk membentuk suara deru mesin, Ada dua bagian dari sistem knalpot yang menetukan tone suara, yaitu resonator dan muffler. Melakukan ubahan pada dua bagian tersebut akan mengubah karakter suara mobil kita tanpa mengurangi performance (torsi dan Power Bands).
Resonator ditempatkan di belakang collector (header) atau dibelakang Catalytic Converter (CAT). Prinsip kerja resonator adalah menggunakan metode refleksi gelombang dan ini yang akan menentukan nada dasar suara. Semakin panjang resonator maka semakin banyak gelombang yang direfleksi / dipantulkan yang berinteraksi dengan gelombang yang datang sehingga suara menjadi kecil.
Ada tiga jenis Muffler atau silencer untuk mendapatkan suara yang berbeda – beda. Yaitu Chambered (ada ruangan pemisah/pembatas), Straight-Through, Twin-Pass (Double Tail Pipe).
Umumnya untuk resonator tidak dilengkapi dengan glass wool karena gas buang sisa pembakaran di tempat itu masih panas (pendinginan belum komplit). Sehingga dibutuhkan pendinginan yang baik, jika tidak maka kebocoran gas akan terjadi.
Biasanya kebocoran akan terjadi jika packing sambungan sudah terbakar, meskipun hanya kecil tapi akan berpengaruh terhadap kinerja knalpot mobil kita. Untuk itu selalu check exhaust manifold gasket. Sambungan Kolektor ke pipa dibelakangnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar