Pages

Minggu, 18 Maret 2012

Mazda Kembangkan Mesin Rotari Rendah Emisi


Mazda tetap mempertahankan mesin legendarisnya, yaitu rotari atau Wankel, dan akan memperbarui beberapa produk masa depannya. Paling tidak, itulah makna yang muncul dari keinginan Mitsuo Hitomi, General Manager Pengembangan Mesin Penggerak Mazda.

Pengembangan terus dilakukan untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang yang lebih rendah. Tujuannya, membuktikan mesin rotari bisa lolos uji standar emisi. "Kami memperoleh solusi untuk menciptakan mesin rotari yang efisien, setara dengan mesin piston bolak-balik. Kami tak sabar untuk segera menghadirkannya kembali ke pasar," ungkap Hitomi, dikutip Ward's Auto.
Perubahan yang dilakukan adalah penggantian bahan untuk rumah troikoid (troichoid housing) dan sil puncak (apex seal) di ujung piston yang berbentuk segitiga. Diharapkan, penggantian material yang lebih baik bisa mengirit bahan bakar dan emisi yang lebih rendah. Sebelumnya, mesin rotari terkenal "doyan minum" karena apex seal yang dibuat dari teflon harus dibasahi dengan bensin agar tidak lumer.

Kondisi tersebut menyebabkan mesin rotari tidak bisa memenuhi persyaratan konsumsi BBM dan kadar gas buang. "Diharapkan, bahan baru tersebut bisa memberikan hasil positif," urai Hitomi. Ditambah lagi, sistem pengapian yang disesuaikan untuk mengimbangi kinerja mesin.
Mazda melihat peluang, mesin rotari dikawinkan dengan teknologi SkyActive dan motor listrik. Diharapkan, mesin ini akan menjadi sumber tenaga utama RX-9 atau RX-7 EREV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar