1. Penggerak Roda Belakang
1.1. Motor Didepan
#Keuntungan :
- Kenyamanan pada jalan aspal baik.
#Kerugian :
- Pada jalan lumpur roda penggerak cepat slip, jika tidak cukup beban pada aksel belakang.
#Contoh Pemakaian :
#Keuntungan :
- Pada jalan lumpur traksi baik.
#Kerugian :
- Kenyamanan kurang pada jalan aspal, jika tidak cukup beban pada aksel depan.
#Contoh Pemakaian :
- VW kodok (lama).
2. Penggerak Roda Depan
2.1. Motor Memanjang
#Keuntungan :
- Keamanan tinggi, jika roda penggerak slip mobil masih stabil.
- Traksi baik jika tidak terdapat banyak beban pada aksel belakang.
#Kerugian :
- Traksi jelek jika terdapat banyak beban pada aksel belakang.
#Contoh Pemakaian :
- Konstruksi lama Misalnya : Renault
2.2. Motor Melintang
#Keuntungan :
- Menghemat tempat.
- Penggerak sudut tidak diperlukan.
- Poros propeler tidak diperlukan lagi.
#Kerugian :
- Traksi jelek jika terdapat banyak beban pada aksel belakang.
3. Penggerak Empat Roda
#Keuntungan :
- Traksi Sangat Baik.
#Kerugian :
- Harga Mahal.
- Berat.
#Pada
sistem penggerak empat roda dapat dibedakan
:
A. Penggerak empat roda selektif
-
Dapat menggunakan aksel belakang pada jalan baik.
- Aksel depan dapat dihubungkan pada jalan jelek.
B. Penggerak empat roda permanen
· Memerlukan penyeimbang antara kedua poros penggerak (
Mis :
Diferensial, Kopling Visco ).
· Lebih mahal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar