Pages

Selasa, 15 April 2014

Sistem Penggerak Roda

1. Penggerak Roda Belakang

1.1. Motor Didepan

#Keuntungan :
  • Kenyamanan pada jalan aspal baik.
#Kerugian :
  • Pada jalan lumpur roda penggerak cepat slip, jika tidak cukup beban pada aksel belakang.
#Contoh Pemakaian : 
  • Pada banyak kendaraan ( Konstruksi Standard ).
1.2.  Motor Dibelakang
#Keuntungan :
  • Pada jalan lumpur traksi baik.
#Kerugian :
  • Kenyamanan kurang pada jalan aspal, jika tidak cukup beban pada aksel depan.
#Contoh Pemakaian :
  • VW kodok  (lama).

2. Penggerak Roda Depan

2.1. Motor Memanjang

#Keuntungan :
  • Keamanan tinggi, jika roda penggerak slip mobil masih stabil.
  • Traksi baik jika tidak terdapat banyak beban pada aksel belakang.

#Kerugian :
  • Traksi jelek jika terdapat banyak beban pada aksel belakang.
#Contoh Pemakaian :
  • Konstruksi lama Misalnya  :  Renault

2.2. Motor Melintang

#Keuntungan :
  • Menghemat tempat.
  • Penggerak sudut tidak diperlukan.
  • Poros propeler tidak diperlukan lagi.

#Kerugian :
  • Traksi jelek jika terdapat banyak beban pada aksel belakang.
3. Penggerak Empat Roda
#Keuntungan :
  • Traksi Sangat Baik.
#Kerugian :
  • Harga Mahal.
  • Berat.
#Pada sistem penggerak empat roda dapat dibedakan   :

       A. Penggerak empat roda selektif
  •  Dapat menggunakan aksel belakang pada jalan baik.
  •  Aksel depan dapat dihubungkan pada jalan jelek.
       B.  Penggerak empat roda permanen
        ·     Memerlukan penyeimbang antara kedua poros penggerak ( Mis  :  Diferensial, Kopling Visco ).
        ·      Lebih mahal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar